Desain RPP Nahwu

Nama Madrasah : MA Daar Al-Ilmi
Kelas : II
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke- : I

Standar Kompetensi : Mengenal tentang I`rob
Kompetensi Dasar : Memahami tentang i`rob
Indikator : 1. Menyebutkan pengertian i`rod
2. Menyebutkan tanda – tanda i`rob
3. Mampu Mengi`rob dengan baik dan benar
Metode Yang Digunakan : Qowaid wa Tarjamah

Materi Pokok :

Al I’rab

I’rab itu adalah berubahnya akhir-akhir kalimat karena perbedaann amil-amil yang masuk atasnya baik secara lafadz atau taqdir. Bagian i’rab itu ada empat, yaitu rafa’, nashab, khofadh atau jar, dan jazm.
Setiap isim itu bisa rafa’, nashab, khafad dan tidak bisa jazm
Setiap fi’il itu bisa rafa’, nashab, jazm, dan tidak bisa khofadh.

Mengenal tanda-tanda I’rab
1. Bagi rafa’ itu ada empat tanda, yaitu dhammah, waw, alif dan Nun
Adapun Dhammah, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
1. Pada Isim Mufrad,
2. Jama’ taktsir
3. Jama’ muannas salim, dan
4. fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu

Adapun waw, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada dua tempat :
1. Pada jama’ mudzakkar salim, dan
2. Isim-isim yang lima yaitu
أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ
Adapun alif, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada isim-isim tatsniyyah yang tertentu
Adapun Nun maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah.

2. Bagi Nashab itu ada lima tanda, yaitu Fathah, alif, kasrah, ya, dan hadzfunnuun (membuang nun).
Adapun fathah maka ia menjadi tanda bagi nashab pada tiga tempat :
1. Pada Isim Mufrad
2. Jama’ taksir, dan
3. fi’il Mudhari apabila masuk atasnya amil yang menashobkan dan tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatupun
adapun alif, maka ia menjadi tanda bagi nashab pada isim-isim yang lima contohnya :
رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ (aku melihat bapakmu dan saudaramu)dan apa-apa yang menyerupai contoh ini.
Adapun kasrah, maka ia menjadi tanda bagi nashab pada jama’ muannats salim
Adapun ya, maka ia menjadi tanda bagi nashab pada tatsniyah dan jama’
Adapun Hadzfunnuun, maka ia menjadi tanda bagi nashab pada fi’il-fi’il yang lima yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.

3. Bagi Khafadh atau jar itu ada 3 tanda, yaitu kasrah, ya, dan fathah.
Adapun kasrah, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
1. Isim Mufrad yang menerima tanwin
2. jama’ taksir yang menerima tanwin, dan
3. jama’ muannats salim
adapun ya, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
1. Pada isim-isim yang lima
2. Isim Tatsniyah, dan
3. jama’
adapun fathah, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada isim-isim yang tidak menerima tanwin.

4. Bagi jazm itu ada 2 tanda, yaitu sukun dan al hadzfu (membuang).
Adapun sukun, maka ia menjadi tanda bagi jazm pada fi’il yang shahih akhirnya
Adapun al hadzfu, maka ia menjadi tanda bagi jazm pada fi’il mudhari yang mu’tal akhirnya dan pada fi’il-fi’il yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.


Langkah pembelajaran :
1. Pendahuluan
a. Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa.
b. Mengamati dan mengarahkan sikap agar siap memulai pelajaran.
c. Apersepsi
d. Penjelasan singkat tentang proses belajar mengajar yang akan dijalani siswa.

2. Kegiatan Inti
a. Setiap awal pelajaran hendaklah dimulai dengan pre –test yang dilakukan untuk
mengukur batas kemampuan murid, terhadap pelajaran yang akan diberikan
(sebagai penjajagan untuk diberi pelajaran baru)
b. Guru menjelaskan pelajaran yang akan dipelajari, setelah menjelaskan guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

3. kegiatan akhir
a. Memberikan soal untuk dijawab mengenai i`rob
b. Guru Membagikan kertas yang sudah dipotong-potong kepada masing-masing siswa.
c. Setelah dibagikan, guru memberikan instruksi untuk membuat kalimat yang beri`rob yang empat kemudian dicocokkan dengan yang ada dipapan tulis apakah itu rofa`, jazm, nashob, atau khofadh.
d. Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar

Media Pembelajaran : 1. Papan Tulis
2. Spidol



Evaluasi : 1. Tertulis
2. Praktek

1. Tertulis
Soal
1. Apa yang dimaksud dengan I`rob?
2. Ada berapa bagian I`rob itu?
3. Sebutkan bagian-bagian i`rob!

2. Praktek

- I`roblah kalimat berikut dengan benar!

1. هذا كتاب
2. شرب محمّد فى المطبخ
3. هو مدرّس نشيط
4. جاء ابى من المكة
5. المدرسة جميلة

PENYUSUNAN
DESAIN PENGAJARAN NAHWU



Disusun
Oleh :

Aliy Hafiz
NPM. 07.11.02.0009
Dosen :
Juhaity Yusuf,M.Pd
Smt/Jur : V/PBA

















FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
BANDAR LAMPUNG
2009




Tidak ada komentar:

Posting Komentar